Sabtu, 01 April 2017

Arti Sebuah Nama

           Nama saya Aldo Lovely Arief Suyoso. Nama panggilan saya Aldo, agar lebih singkat dapat dipanggil Al atau Do, silahkan pilih sesuka hati. Ayah saya bernama Arief Suyoso dan ibu saya bernama Elly Fatmawatie. Saya anak pertama dari dua bersaudara dan saya adalah anak laki-laki sekaligus anak pertama. Saat ini saya tinggal di Surabaya, tepatnya di Jalan Babatan Pratama XVI/SS-109, kecamatan Wiyung. Saya lahir di Surabaya pada tanggal 31 bulan Juli tahun 1996. Sekarang, saya sedang menempuh pendidikan S1 Budidaya Perairan di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga.
         Kali ini, saya akan bercerita mengenai arti nama saya. Jika melihat nama panjang saya, mungkin terkesan unik dan jarang. Namun dibalik sebuah nama yang aneh itu, terdapat sebuah makna yang dalam. Yang pertama adalah bagian dari nama Aldo, “Al” diambil dalam huruf arab yaitu alif yang terletak pada urutan pertama yang maksudnya anak pertama, “Do” adalah nada musik pertama dalam tangga nada yang mengartikan anak pertama yang mencintai seni musik (dulunya, sebelum saya berhenti bermusik). Keluarga saya serta sepupu memang banyak yang hobi dalam bidang musik, saya pun juga sangat sangat menyukai alat musik terutama gitar dan juga menyanyi, namun saya tidak begitu mahir dalam hal bernyanyi. Alhamdulillah, saya sudah bisa berhenti dari musik.
          Kalau membahas arti nama saya yang “Lovely” agak intim rasanya, saya agak malu jika membicarakannya. Tapi tak apa, saya akan menjelaskan arti dari nama tersebut. Lovely dalam bahasa inggris artinya bukan mencintai ya, tapi indah. Itu bukan arti sebenarnya dari nama saya, Lovely adalah gabungan dari Love dan Elly (ibu saya). Karena ibu saya ingin namanya diikutkan dalam nama anaknya, walaupun anaknya laki-laki dan dengan sedikit pemaksaan, jadi akhirnya begini jadinya. Ibu saya memberi nama itu karena ingin anaknya menjadi anak yang sayang kepada orang tuanya, terutama ibunya.
          Kalau nama panjang yang "Arief Suyoso" tidak perlu saya jelaskan, karena sudah jelas itu nama ayah saya. Jadi, itulah makna dari nama saya. Kalau ditarik kesimpulan berarti anak pertama calon pemimpin keluarga yang hobi dalam hal musik (dulunya) yang diharapkan mencintai dan berbakti kepada kedua orang tuanya.
           Jujur saja, sejak SD sampai SMA tidak sedikit yang mengolok-olok saya karena dalam nama saya ada kata Lovely. Bahkan, sampai kuliah ini pun masih ada, namun lama-lama saya terbiasa dan mulai tak peduli. Saya mulai bersyukur dan belajar menghargai nama pemberian orang tua, apalah arti dari sebuah nama jika kita tidak bisa mensyukuri dan menerimanya. Apapun nama kalian, InsyaAllah orang tua memberi yang terbaik dengan maksud dan doa yang baik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar